Singkil - Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali S.Sos membuka acara TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Regional ke-150 di Lapangan Mariam Sipoli, Kec. Gunung Meriah, Aceh Singkil, Rabu (10/7/2019).

Pemda Aceh Singkil sangat mendukung kegiatan TMMD. Bentuk dukungan Pemda dibuktikan dengan menganggarkannya dalam APBK.

Wabup menggarisbawahi dimana kalau dianggarkan melalui dinas terkait, mungkin jalan yang dibangun sekitar panjang 2 ribu sekian meter dan jembatan memakan anggaran yang cukup besar. Namun oleh TNI dengan anggaran 1 milyar lebih sedikit dapat terealisasi.

Selain itu apresiasi Pemda pada kegiatan TMMD dimana adanya berbagai upaya-upaya dari TNI memberdayakan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan yang angkanya masih cukup tinggi di wilayah Aceh Singkil.

"Membangun jalan dan jembatan kemudian jambanisasi untuk meningkatkan derajad kehidupan masyarakat yang lebih layak dan sehat," Katanya.

Selain itu adanya upaya untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, ancaman terorisme dan radikalisme, serta bahaya narkoba."Ini sangat penting dan strategis ditengah persoalan bangsa saat ini," Lanjutnya.

Wabup berharap kepada camat, kepala desa dan seluruh masyarakat untuk mendukung penuh dan menyambut baik kegiatan demi kesejahteraan dan kemandirian bersama.

"Mari bersama-sama mensukseskan kegiatan TMMD tahun 2019 yang mensejahterakan masyarakat desa," Harapnya.

Sementara Danrem 012/TU Kolonel Inf. Aswardi SE mengatakan kegiatan TMMD merupakan bagian dari realisasi pelaksanaan UU TNI nomor 34 tentang tugas TNI.

"Dimana TNI membantu Pemda dalam mensejahterakan masyarakat," Katanya.

Salah satu fungsi utama TNI yakni pembinaan wilayah teritorial menyiapkan wilayah pertahanan untuk membantu kesejahteraan masyarakat.

Pada intinya Danrem berharap terwujudnya kemanunggalan antara TNI dan masyarakat yakni dengan memanfaatkan pekerjaan yang ada di Pemda agar dapat menyatu secara bersama-sama.

Ada beberapa kegiatan dalam pembukaan TMMD diantaranya penyerahan bantuan alat penetas telur, pasar murah, pengobatan massal dan donor darah.

Turut hadir dalam acara Dandim 0109/Aceh Singkil Letkol Inf Syaifuddin, Forkopimda Aceh Singkil, Kasiter Korem 012/TU, Kapenrem 012/TU, Toga, Toda dan Tomas serta Lurah desa se Kecamatan Gunung Meriah. (Hab)