Singkil - Forum pemberdayaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kab/Kota se-Aceh ke-12 digelar Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominsa) Aceh di Aula Dinkes Aceh Singkil, Kamis (20/6/2019).

Aceh Singkil 4 tahun belakangan menurun kinerjanya dalam rangka pengelolaan keterbukaan informasi publik.

Hal ini dikatakan Asriani, S.Sos.M.Si. selaku Kasie Layanan Informasi Publik Diskominsa Aceh sekaligus Koordinator Layanan PPID Aceh.

"Aceh Singkil pada tahun 2015 pernah berada di 10 besar PPID Kab/Kota terbaik,"Katanya.

Pemerintah Aceh sengaja menggelar forum PPID ke-12 ini di Aceh Singkil untuk membangkitkan semangat dan motivasi PPID Aceh Singkil dalam rangka pengelolaan keterbukaan informasi publik.

"Ingin membantu PPID Aceh Singkil karena masih banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pengelolaan informasi publik,"Lanjutnya.

Faktor utama yang mempengaruhi kinerja PPID Aceh Singkil sehingga peringkatnya menurun, diantaranya perpindahan struktur PPID dari Humas ke Diskominfo, perubahan pergantian pejabat yang cukup tinggi sehingga menyebabkan pos anggaran dan kinerja pejabat terganggu.

"Persoalan ini juga sering terjadi di beberapa hampir semua Kab/Kota lainnya,"Pungkasnya.

Ia berharap dengan adanya forum ini, PPID Aceh Singkil menjadi lebih baik kedepannya yang disertai dengan komitmen dari Pemerintah Daerah Aceh Singkil.

Sementara Wakil Bupati Aceh Singkil, H Sazali S.Sos saat membuka acara menunjukkan komitmen yang kuat dalam pelaksanaan pengelolaan dan pelayanan informasi Publik di masing-masing unit kerja, khususnya pada PPID Aceh Singkil

“Kita berharap kegiatan akan menghasilkan rumusan yang konstruktif dan positif untuk mendorong peningkatan pelayanan keterbukaan informasi kepada masyarakat,”Katanya.

Hadir dalam kegiatan perwakilan PPID Kab/Kota se-Aceh, Diskominfo, Diskominsa Aceh dan tamu undangan lainnya.(Hab)