Singkil - Sedikitnya belasan pelajar SD dan SMP dari 110 pendaftar yang bertanding dalam perlombaan Tahfidz Qur’an serta Dai Cilik berhasil menggondol trophi kemenangan, sertifikat, dan uang tunai jutaan rupiah serta sejumlah bingkisan.

Kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil bekerjasama dengan Radio Xtra FM ini dimulai sejak awal Ramadhan dan berakhir 26 Ramadhan, Jum'at (31/5/2019), yang ditandai dengan pembagian hadiah di halaman Radio Xtra FM, Rimo, Aceh Singkil.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia berharap kegiatan seperti ini terus dilaksanakan setiap tahunnya.

“Apresiasi untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Radio Xtra FM atas terus terselenggaranya kegiatan lomba tahfidz dan dai cilik,” kata bupati.

Ketua panitia, Sahab dalam laporannya menyampaikan perlombaan Dai Cilik dilaksanakan sudah memasuki tahun ke lima. Sementara perlombaan Tahfidz Qur'an merupakan tahun kedua dilaksanakan.

Antusiasme anak-anak juga cukup tinggi yang mengikuti kegiatan ini. Untuk tahfidz Qur'an sebanyak 69 pendaftar dan Dai Cilik 41 pendaftar.

“Kita berharap Pemkab Aceh Singkil bisa terus mendukung kegiatan ini setiap tahunnya demi menciptakan generasi ulama di bumi Syekh Abdurrauf,” Ucap Sahab.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil, Yusfit Helmy mengatakan acara ini merupakan puncak dari pembibitan yang dilakukan secara rutin dilaksanakan di sekolah seperti pesantren kilat dan pendidikan agama.

"Event ini merupakan puncak dari pembibitan kegiatan keagamaan yang dilakukan secara rutin disekolah-sekolah,"Katanya.

Ia memastikan event seperti akan terus berkelanjutan untuk mencari tahfidz dan dai cilik yang lainnya.

Untuk ditahun depan, pihaknya berencana menambah satu event lomba yakni cerdas cermat islami.

Pemenang lomba Tafidz Quran Juara pertama mendapat tropi dan uang tunai senilai Rp2,5 juta, Juara II tropi dan uang Rp 2 juta, Juara III tropi dan Rp1,5 juta.

Untuk juara Dai Cilik mendapat masing-masing mendapat tropi. Juara I mendapat uang tunai Rp 2 juta, juara II Rp 1,75 juta dan Juara III Rp 1,5 juta.(Hab)