Singkil - Kejaksaan Negeri Aceh Singkil melakukan penandatanganan kesepakatan bersama atau MoU penanganan kasus hukum dengan Pemkab Aceh Singkil, Senin (20/5/2019) di gedung offroom Bupati.

Penandatanganan kesepakatan bersama tersebut merupakan pembaharuan dari penandatanganan MoU yang pernah dilakukan sebelumnya.

"Sebelumnya sudah pernah ada namun tidak terlihat pelaksanaannya," Kata Kepala Kejari Aceh Singkil, Amrizal Tahar SH usai penandatanganan.

Amrizal melanjutkan penandatanganan ini juga menjelaskan mengenai tugas Kejaksaan di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara yakni mengenai Jaksa Pengacara Negara.

Tugas, fungsi, wewenang dari Kejaksaan untuk memberikan bantuan hukum kepada Pemkab.

Misalnya Pemda di gugat tentang suatu peristiwa mungkin mereka tidak memiliki SDM, maka dari Kejaksaan siap mewakili Pemda. "Apabila Pemda tidak memiliki SDM, kita akan siapkan,"Lanjut Amrizal.

Terkait banyaknya proses hukum yang dimenangkan warga terhadap Pemda, Amrizal berharap kedepan Pemda memberikan kuasa penuh kepada kami untuk menangani perkara yang dihadapi Pemda.

"Kita punya jaksa yang bisa diandalkan untuk menangani perkara,"Tambahnya.

Menganai perkara yang ditangani, pihak Kejaksaan akan menjamin kerahasiaannya. Sementara tidak semua perkara ditangani, perkara terlebih dahulu ditelaah.

"Apakah ada konflik interest atau tidak," Pungkas Amrizal. (Hab)