Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Singkil menghimbau masyarakat Aceh Singkil untuk meningkatkan partisipasi politiknya menjelang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI, DPR RI, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten pada Rabu 17 April 2019.

Menurut salah satu anggota DPRK Aceh Singkil, Frida Siska Sihombing kepada berita xtra di Singkil, Senin (15/4/2019) mengatakan partisipasi pemilih dalam pelaksanaan pemilu mutlak diperlukan.

"Kita harapakan mereka (masyarakat) memberikan hak pilihnya karna itu menentukan masa depannya, Masyarakat harus berfikir tidak hanya untuk selembar kertas yang mereka inginkan," Katanya

Frida Siska mencontohkan masyarakat hanya mencoblos untuk DPRK nya saja karena faktor kedekatan. Sementara untuk DPRA, DPR RI atau DPD RI nya karena jauh tidak dicoblos. Sedangkan untuk Presiden dan Wakil Presiden mereka akan memilih karena isunya yang semakin hari semakin mencuat.

"Itu yang membuat masyarakat bukan tidak datang ke TPS, tetapi mereka enggan membuka surat suaranya,"

Ia menyebut tingkat partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS cukup tinggi hanya saja pertisipasi mencoblos itu lebih besar untuk DPRK dibandingkan kertas yang lain.

"Kalau bisa ya harus dicoblos satu per satu,"Harapnya

Pada pemilu kali ini ia menyebut akan ada 5 surat suara yang dipilih. Walaupun hanya satu suara tapi itu akan menentukan masa depan. Bukan hanya masa depan dirinya tapi masa depan bangsa Indonesia.(Hab