Singkil - "Kami sangat tertarik dengan keindahan pesona wisata pantai di Kabupaten Aceh Singkil," Kata Zbynek Hrabek Wisatawan asal Republik Ceko, Selasa (29/1/2019) saat melakukan aksi bersih-bersih Pantai Pulo Sarok Singkil.

Ia melihat begitu banyak sampah anorganik berserakan di wisata pantai, sehingga mereka ikut berpartisipasi mendukung program Dinas terkait dalam menjaga kebersihan tempat wisata.

"Kita tertarik melihat program Dinas ini terkait dengan program pembersihan tempat - tempat wisata ini," ungkap Zbynek Hrabek yang juga merupakan Ketua Supervisor dan koordinator yayasan Ocean For Children dan forest For Children Czech Republic.

Aksi bersih-bersih dilakukan Oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Aceh Singkil bekerjasama dengan Yayasan Save Aceh Nature ( Y’SAN), wisatawan asal Republik Ceko, Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disparpora), Petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Sahbandar, serta masyarakat setempat.

Ketua Yayasan Save Aceh Nature (Y’SAN) Kabupaten Aceh Singkil, Darmawan mengatakan, para wisatawan asal Republik Ceko ini sudah beberapa kali melakukan pengumpulan sampah dilokasi wisata.

Bahkan mereka dapat mengumpulkan sampah-sampah anorganik dari beberapa pulau di Kabupaten Aceh Singkil, mencapai 300-400 Goni setiap bulanya. Dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan di tempat wisata.

"Mereka sudah beberapa kali melakukan pengutipan sampah, bahkan sampai terkumpul hingga 300-400 Goni sampah dari kepulauan di Aceh Singkil," Pungkas Darmawan.(Hab)