Pemuda asal Desa Siti Ambia Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil berhasil merekam penampakan buaya berwarna putih berukuran panjang kurang lebih 4 meter yang sedang berjemur pinggir sungai pulau pisang, sungai singkil. Video tersebut menyebar dengan cepat dan langsung viral di media sosial.

Meski penampakan buaya merupakan hal biasa terjadi di sepanjang sungai singkil, namun buaya berwarna putih jarang terlihat oleh warga. Hal ini menyebabkan video yang di rekam oleh Fajar dan kawan-kawan saat melintas di kawasan tersebut sontak membuat nitizen heboh. Video itupun berulang kali diposting dan dibagikan di berbagai media sosial.

Fajar di Singkil, Selasa (8/1/2019) mengatakan buaya yang direkamnya sebenarnya merupakan buaya biasa dan bukan buaya putih. Lumpur tanah yang menyelimuti tubuhnya mengering ditambah berjemur diatas pasir menyebabkan badan buaya menjadi terlihat berwarna putih dan bercahaya.

Ia menambahkan saat ini buaya di sungai Singkil keberadaannya kian sering muncul. Hal ini disebabkan populasi buaya di sungai itu terus bertambah akibat semakin kurangnya biawak yang menjadi predator telur dan anak buaya.(Hab)