Singkil - Berdasarkan penilaian dari tim surveyor KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) pada awal Desember 2018 lalu akhirnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Aceh Singkil dinyatakan lulus akreditasi dengan rating bintang dua.

Direktur RSUD Aceh Singkil, dr. Elvi Inayah Simangunsong, Jumat (4/1/2019) mengatakan rumah sakit umum daerah Aceh Singkil dinyatakan lulus akreditasi oleh tim surveyor.

"Hasilnya sudah keluar dan dinyatakan lulus akreditasi," kata Elvi.

Sementara juru bicara rumah sakit, M Raja Maringin menyebut dengan lulus akreditasi maka kerja sama RSUD dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan akan berlanjut.

Kemudian, rumah sakit dapat menerapkan standar prosedur operasional internal dan pengawasan dari tim surveyor akan berlanjut.

"Desember nanti tim surveyor akan kembali melakukan evaluasi ke rumah sakit kita," ujar Raja Maringin.

Di sisi lain, sebut Raja Maringin, ada permasalahan yang harus segera ditindak lanjuti agar rating bintang akreditasi meningkat sesuai rekomendasi Komisi Akreditasi Rumah Sakit.

Antara lain rasionalisasi jumlah pegawai. Saat ini RSUD dengan kelas C ini jumlah pegawainya sudah kebanyakan.

"Idelanya jumlah pegawai cukup 300 sampai 350, tapi ini mencapai 560 makanya sesuai rekomendasi harus dirasionalkan," pungkasnya.(@)