Singkil - Sebanyak 6.448 data kependudukan Aceh Singkil diblokir oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat. Bagi masyarakat yang berusia 23 tahun namun belum melakukan perekaman e-KTP hingga 27 Desember 2018. Pemblokiran dilakukan pada Jum'at (28/12/2018).

Plt. Kepala Disdukcapil Aceh Singkil Yakup SE, melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Drs. Syamla mengatakan ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Kemendagri melalui Dirjen yang ditujukan kepada seluruh Disdukcapil Kabupaten/Kota Se- Indonesia.

“Pemblokiran data terhadap penduduk dewasa yang berusia diatas 23 tahun atau non pemilih pemula yang belum melakukan perekaman." Katanya.

Ia menambahkan setelah dilakukan pemblokiran data penduduk ini, kedepannya atau awal 2019 mendatang data yang bersangkutan akan diaktifkan kembali. Dengan syarat yang bersangkutan datang melakukan perekaman e-KTP di Kantor Disdukcapil setempat.

Sementara sebelum dinonaktifkan data kependudukan, Disdukcapil sudah melakukan program perekaman e-KTP di masing-masing Kecamatan dengan sistem Jemput Bola.(Hab)