Singkil - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-34 tahun 2018 tingkat Kabupaten Aceh Singkil secara resmi dibuka Bupati Dulmusrid, Senin (3/12/2018). Kecamatan Suro Makmur sebagai tuan rumah menjadikan Lapangan bola kaki Desa Sirimomungkur sebagia pusat kegiatan acara.

MTQ dibuka ditandai dengan penyerahan piala bergilir dari Camat Gunung Meriah, yang sebelumnya juara pada edisi MTQ ke-33 kepada Bupati dilanjutkan kepada Camat Suro untuk diperebutkan dalam MTQ ke-34. Dilanjutkan pemukulan beduk oleh bupati yang sebagai tanda dimulainya MTQ.

Dulmusrid dalam sambutannya mengatakan kegiatan MTQ bertujuan untuk mensyi’arkan Islam melalui Al-Quran. Disilain juga sebagai ajang untuk memotivasi diri, meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan isi kandungan Al-Quran.

Ia melanjutkan dengan MTQ dijadikan sebagai momentum kebangkitan umat Islam, yakni menjadikan warga Aceh Singkil berinsan qur'ani.

“Mari kita jadikan Al-Quran sebagai pegangan dan pedoman dalam menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis, menjadikan masyarakat Aceh Singkil berinsan qur'ani” ungkapnya.

Kepada peserta MTQ, bupati minta menampilkan kemampuan terbaiknya. “Raihlah prestasi dengan niat baik dan tetap menjunjung tinggi sportifitas,” lanjutnya

Sementara ketua panitia pelaksana sekaligus camat Suro Makmur, Drs. Abdul Hanan dalam sambutannya mengatakan, dalam MTQ ke-34 ini, ada delapan cabang yang diperlombakan. Yakni, cabang tilawatil Quran golongan putra putri, kemudian cabang hifzil Quran golongan putra putri, cabang Qiraat Sab’ah, dan tartil Quran.

Selanjutnya cabang fahmil Quran putra putri, cabang syarhil Quran putra putri dan khathil Quran golongan putra putri serta MMQ.

“ada delapan cabang yang diperlombakan pada MTQ ke-34 kali ini,” (Hab)