Singkil - Guyuran hujan dengan intensitas tinggi dari sore hingga malam dalam beberapa hari mengakibatkan banjir di sejumlah titik di Kabupaten Aceh Singkil.

Hingga saat ini masih belum ada solusi masif untuk mengatasi musibah langganan tersebut baik dari Pemerintah Daerah, Provinsi, maupun dari Pemerintah Pusat.

Pantauan berita Xtra kondisi banjir makin meluas, menggenangi rumah penduduk, sejumlah fasilitas umum dan ruas jalan Nasional Singkil - Subulussalam di Kecamatan Singkil Utara, Kamis (8/11/2018).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Singkil H.Sulaiman ST, melalui Petugas data dan laporan (Pusdalops) Rosiana Kusuma Wardani mengatakan dimana setelah terjadi bencana banjir di Kecamatan Suro, Desa Bulusema dan Desa Lae Bangun pada Selasa (6/11/2018), pada paginya banjir melanda di Kecamatan Gunung Meriah, kemudian pada Kamis (08/11/2018) sudah meluas ke Kecamatan Singkil Utara dan Kecamatan Singkil.

Rosiana menambahkan terkait mengenai kejadian banjir di Kabupaten Aceh Singkil ini, diakibatkan hujan yang terus menerus mengguyur wilayah itu sendiri beberapa hari terakhir. Akibat dari dampak banjir kali ini, terendamnya jalan Nasional penghubung dari Kecamatan Simpang Kanan menuju Kota Subulussalam.

"Saat ini jalan tersebut sudah bisa dilewati artinya sudah kembali normal," lanjut Rosiana

Sementara terendamnya ruas jalan Nasional menuju Kota Singkil, tepatnya terletak di depan Kantor Camat Singkil Utara menyebabkan arus lalu lintas harus dialihkan melalui jalan Desa Gosong Telaga Utara.

Selanjutnya Rosiana menyebutkan untuk Kecamatan Singkil sendiri yang terkena banjir tahunan ini, Desa Ujung bawang, Desa pea bumbung, Desa Kuta simboling, Desa Teluk Rumbia, dan Desa Rantau Gedang.

Kemudian terkait mengenai upaya yang dilakukan Pemerintah setempat mengenai musibah banjir itu, BPBD,TNI/POLRI,DINSOS, CAMAT di Kabupaten Aceh Singkil langsung turun meninjau ke lokasi banjir. Serta BPBD setempat masih terus melakukan pemantauan dan koordinasi, serta membuat laporan.

"dan yang paling terpenting melalui BPBD setempat telah menghidupkan alaram Siaga 1 Awas Banjir yang terletak tepatnya di Desa Ujung Bawang Kecamatan Singkil,"tegas Rosiana.

Sementara pada Jum'at pagi (9/11/2018) hujan masih terus mengguyur di wilayah tersebut.(Hab)