Kabupaten Aceh Singkil Dapat Bantuan Dana Peremajaan Tanaman Sawit

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) akan memberikan bantuan senilai 25 juta per hektare untuk peremajaan (replanting) tanaman sawit milik petani di kabupaten di Aceh Singkil.

Kepala Dinas Perkebunan Aceh melalui koordinator program sawit rakyat Aceh, Azmudin Kurnia mengatakan bahwa kebijakan replanting ini merupakan kebijakan Nasional yang pada tahun 2018 Provinsi Aceh mendapat kouta seluas 12.258 hektare tanaman sawit yang terbagi untuk 7 Kabupaten di tahun 2018.

"khusus untuk Kabupaten Aceh Singkil mendapat jatah peremajaan seluas 950 hektare tanaman sawit,"ungkap Azmudin saat menjadi pembicara Sosialisasi Program Peremajaan Kelapa Sawit Pekebun di Aula Bappeda Aceh Singkil, Kamis (04/10/2018)

Azmudin menyebutkan bagi petani sawit yang lahannya sudah layak di replanting untuk mengajukan ke Dinas Perkebunan setempat.

"Silahkan mengajukan ke Dinas Perkebunan kabupaten setempat, syaratnya memiliki KTP, KK, Rekening bank, surat tanah, tidak musti sertifikat namun turunan dibawah nya juga boleh dan persyaratan lainnya tentunya,"lanjutnya

Bagi petani sawit yang akan mengajukan bantuan, mereka harus tergabung dalam kelompok tani, gabungan kelompok tani, koperasi atau lembaga lainnya dan diajukan dalam bentuk proposal.

Azmudin melanjutkan setiap petani yang mendapat jatah peremajaan sawit itu sebelumnya sudah memenuhi syarat administrasi, kemudian dilakukan verifikasi ke lapangan dan ketika hasil verifikasi sudah benar, baru dilanjutkan ke Provinsi untuk kemudian diteruskan ke Direktorat Jenderal Perkebunan Pusat.

Lebih lanjut, Azmudin Kurnia menjelaskan bantuan peremajaan ini bersifat hibah. Nantinya bantuan akan langsung ditransfer ke rekening penerima.

Sementara Abdul Haris, Kepala Dinas Perkebunan Aceh Singkil menegaskan bantuan peremajaan ini diutamakan bagi masyarakat Aceh Singkil yang punya kemampuan terbatas dalam mengelola tanaman sawitnya.

Selain Aceh Singkil, ada 6 Kabupeten lainnya yang mendapat bantuan serupa yakni Aceh Jaya, Aceh Barat, Nagan Raya, Aceh Utara, Aceh Timur dan Aceh Tamiang.

Live Streaming

Video