Kesbang Pol Linmas Imbau LSM dan Ormas Urus SKT

Singkil, Xtrafm. Kepala Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Pol Linmas) Kabupaten Aceh Singkil  menghimbau kepada seluruh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang masih aktif dalam menjalankan fungsinya di kabupaten Aceh singkil agar segera mengurus Surat Keterangan Terdaftar  (SKT).

Samsul Bahri.SH.Msc Kepala Kesbangpol Limnas Aceh Singkil Rabu 16/017 mengatakan Setiap Lembaga maupun Ormas yang yang masih Penting memiliki SKT sebagai bukti keabsahan Lembaga atau Organisasi tersebut, untuk itu ia berharaf  agar mereka  kembali memperbaharui data kelengkapannya ke Kantor Kesbang,  hal tersebut sesuai amanah Undang-Undang RI Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan, Pasal 16 ayat (1) dan (2) meliputi, Akta Pendirian dari notais yang memuat AD ART, Program Kerja, Susunan Kepengurusan, Surat Keterangan Domisili Sekretariat, NPWP atas nama Ormas, Surat pernyataan tidak sengketa kepengurusan, serta pernyataan sanggup melaporkan kegiatan. Imbuh Samsul

“Setiap organisasi ada ADART jika tidak ada kegiatan, berarti mengabaikan ADRT yang telah dibuatnya sendiri.” Demikian penegasan Kepala Badan Kesbang Pol Linmas Samsul Bahri SH MSc.

Dikatakannya, suatu organisasi maupun Lembaga harus terdaftar pada Kesbang Pol Linmas agar dinyatakan Legal oleh Pemerintah. Termasuk menyampaikan laporan kegiatannya kepada Kesbang Pol Linmas. Jika tidak ada kegiatan berarti dianggap tidak aktif dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) bisa dicabut.

Menurutnya, hal ini dilakukan untuk menghindari dan mengantisipasi hal-hal yang dapat mengarah kepada ketidak nyamanan bagi masyarakat maupun instansi pemerintah Daerah.  apabila ada lembaga atau Organisasi kemasyarakatan yang tidak terdaftar dan melakukan hal-hal yang merugikan  maka tindakan itu dapat mengarah ke pidana jika terbukti mengarah kepada provokasi ataupun tindakan pemerasan yang dinilai telah melanggar peraturan yang ada.

Dijelaskannya Tugas dan Funsi Pokok Badan Kesbang Pol Linmas meliputi, yakni melakukan penggalangan-penggalangan kepada instansi terkait komponen dan elemen masyarakat. Termasuk membentuk, membina, memfasilitasi pendaftaran Partai Politik, Ormas, LSM, Forum-Forum Organisasi dan Lembaga lainnya. (putra)

Twitter

Facebook

Video