Bank Indonesia Perwakilan Aceh Ajak Masyarakat Cintai Rupiah.

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Aceh Singkil, Bank Indonesia Perwakilan Aceh mengajak masyarakat untuk mencintai Rupiah, sebab mata uang Rupiah merupakan salah satu simbol Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ajakan itu disampaikan oleh Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh Teuku Munandar dalam acara Sosialisasi ciri-ciri keaslian uang Rupiah dan Budaya cintai Rupiah, di Opprom kantor Bupati Singkil, Selasa (19/9).

"Sosialaisasi yang kami laksanakan ini merupakan edukasi dan salah satu tugas pokok Bank Indonesia, ki mengajak masyarakat mencintai Rupiah" kata Teuku Munandar.

Dalam kesempatan itu Teuku Munandar juga menepis isu yang menyebutkan ada lambang palu arit dalam lembaran uang kertas rupiah, hal itu tidaklah benar, gambar yang dipersepsikan sebagai palu arit itu merupakan logo Bank Indonesia yang dipotong diagonal. Sedangkan menyangkut gambar pahlawan yang tercantum, pemilihan gambar pahlawan tersebut diberikan dari Kementrian Sosial dan harus ada persetujuan ahli waris yang kemudian diajukan kepada Presiden.

"Gambar palu arit itu tidak benar, itu adalah loga BI yang dipotong sebcara diagonal, untuk

Teuku Munandar mengatakan uang Rupiah yang pembuatanya dilakukan oleh percetakan PT. Perudi dan bahanya dipasok oleh PT. Pura itu termasuk dalam lembaran uang yang terbaik dari 15 Negara.

"Kami diawasi dan diaudit oleh BPK, semua perusahaan yang berbaur dengan percetakan juga diaudit oleh BPK" pungkasnya.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid saat membuka acara mengatakan sosialisasi itu samgat penting dilakukan, mengingat banyak masyarakat diwilayah itu yang belum bisa membedakan mana uang palsu dan uang asli.

"kita tidak perlu mempertanyakan uang rupiah begini dan begitu semua sudah diatur dalam perundang-undangan, tapi mengetahui mana yang asli atau tidak itu perpenting" ujar Bupati.

Kegiatan BI itu dihadiri oleh, Kapolres Aceh Singkil, AKPB Ian Rizkian Myliardin, Dandim 0109 Singkil, Let Kol Kav. Kaptih Hertantiawan, Kasubbid II PPUC Dit Reskrimsus Polda Aceh Oleh AKBP Wanito Eko Sulistyo, perwakilan Kepala Kejaksaan Negeri Singkil, para Kepala SKPK Aceh Singkil dan sejumlah undangan lainnya.

 

Facebook

Video