Pemkab Singkil Salurkan Bantuan Alat Tangkap Dan Sertifikat Tanah Bagi Nelayan.

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Aceh Singkil, Nelayan di Kabupaten Aceh Singkil menerima bantuan ratusan paket alat tangkap beupa jaring laut dan sungai, termasuk 27 unit mesin perahu berkapasitas 6,5 pk, tak hanya bantuan 303 paket jaring, 27 orang nelayan lainnya menerima sertifikat tanah yang proses pengurusannya dilakukan oleh Dinas Perikanan Aceh Singkil.

Sementara dua nelayan lainnya juga menerima klaim asuransi kematian senilai Rp160 juta, klaim asuransi itu diberikan kepada ahli warisnya.

Kepala Dinas Perikanan Ismed Taufiq dalam laporannya mengatakan bantuan alat tangkap mesin diserahkan kepada 27 nelayan Aceh Singkil. Sementara 50 nelayan yang mengusulkan pengurusan sertifikat hak kepemilikan tanah, baru 27 nelayan yang sudah terealisasi dan telah memenuhi syarat kelayakan kepemilikan hak tanah tersebut.

"Yang punya tanah belum ada surat silahkan urus. Bagi nelayan akan dibantu pengurusannya, gratis, klaim asuransi senilai Rp160 juta, masing-masing ahli waris dari Raliddin nelayan asal Kuala Baru, dan ahli waris Tamrani nelayan Pulau Banyak. Keduanya meninggal dunia dalam keadaan normal, atau tidak saat sedang beraktifitas di laut" ujar Ismed.

Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid dalam arahannya mengatakan, usaha perikanan merupakan salah satu solusi mengurangi tingkat pengangguran. Bupati berharap kedepannya agar seluruh bantuan dapat dibuat data base nya, sehingga kedepan tidak ada terjadi tumpang tindih.

"Nelayan yang sudah dapat tahun ini jangan buat proposal lagi tahun depan, pikirkan yang lain. Bantuan harus semua dapat, jangan dijual," tegas Dulmusrid.

Facebook

Video