Kuala Gabi Dangkal, Nelayan Sulit Melintas

Penilaian: 0 / 5

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Aceh Singkil, Kuala Gabi, jalur keluar masuk kapal nelayan Singkil dan Boad penumpang tradisional menuju pelabuhan jembatan tinggi sejak beberapa bulan terakhir mengalalami pendangkalan, akibatnya boad sulit keluar masuk.

Pendangkalan Kuala bahkan dikabarkan telah menelan korban, yakni karamnya kapal pengangkut barang lantaran kandas. Sayang kendatipun telah menjadi keluhan nelayan, hingga kini belum ada upaya pemerintah untuk mengatasi persoalan itu.

"kami kesulitan keluar masuk kuala, pasirnya naik, kuala jadi dangkal sempit, sudah ada boad barang yang kandas dan terbalik disini" Kata Zul, Nakhoda KM Elarizki, Rabu (2/8/17).

Pendangkalan mulut kuala Gabi memaksa boad nelayan, penumpang dan pengangkut barang kebutuhan warga pulau banyak harus ektra hati-hati memilih jalur di sela-sela reruntuhan bangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) dan Dermaga yang runtuh saat bencana Tsunami lalu.

"nunggu air pasang baru bisa masuk kuala, kadang kami terpaksa lempar jangkar sampai dua jam menanti pasang untuk bisa masuk kuala" keluh Zul.

Para nelayan dan nakhoda boad penumpang tradisional diwilayah itu berharap pemerintah segera melakukan pengerukan Kuala Gabi, sebelum kuala menuju pelabuhan jembatan tinggi tersebut benar-benar tak dapat dilalui

Twitter

Facebook

Video