Singkil - Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) mengajak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk wajib memegang sendiri Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Melalui "Gerakan Pegang KKS Sendiri" Pendamping PKH dari Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil, Summa Wardaya Musi mengajak ratusan keluarga penerima manfaat di 25 desa di Kecamatan Simpang Kanan untuk memegang sendiri KKS.

Hal ini dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan bantuan sosial PKH oleh KPM PKH, misalnya KPM titip ATM atau KPM gadai ATM.

"Ada beberapa KPM yang ATM nya dipegang oleh e-warung atau ketua kelompok karena tidak paham atau tidak tahu penggunaan ATM," kata Summa, Rabu (1/7).

Gerakan Pegang KKS Sendiri juga diharapkan dapat mengurangi ATM yang rusak karena tidak dipegang sendiri oleh KPM PKH.

Selama pandemi virus corona, Gerakan Pegang KKS Sendiri dilakukan disetiap pertemuan P2K2 dengan harapan dapat meningkatkan kepercayaan diri KPM dalam menggunakan ATM sehingga tidak lagi menitip atau menggadaikan ATM nya lagi.

Terlebih saat ini, Pemerintah melalui Kementerian Sosial Bidang Bantuan Sosial PKH menyalurkan bantuan sosial PKH setiap bulan, yang biasanya dilakukan per tiga bulan sekali.

"Selama pandemi virus corona dari April hingga Desember itu penyalurannya setiap bulan," tukasnya. (Hab)