Singkil - Sebanyak 25 santri yang hendak mondok di Pesantren Babussalam Batukorong akan mendapat beasiswa dari Baitul Mal Aceh Singkil.
 
Kepala Baitul Mal Aceh Singkil Ali Sadikin Pinto mengatakan, beasiswa akan diprioritaskan bagi santri dengan kriteria pandai membaca al-qur'an, dari keluarga kurang mampu, yatim piatu dan dari keluarga mualaf.
 
"Pada hari ini dilakukan seleksi terhadap 47 pendaftar, karena hanya 25 saja yang diterima," kata Ali Sadikin, Kamis (25/6).
 
Ke-25 santri ini akan mendapat subsidi dari Baitul Mal berupa uang makan sebesar 400 ribu dan uang jajan sebesar 20 ribu. Total setiap santri mendapat subsidi sebesar 420 ribu selama setahun.
 
Dampak pandemi virus corona cukup mempengaruhi penerimaan zakat dan infak dari muzakki yang ada di Kabupaten Aceh Singkil sehingga hanya satu pesantren yang mendapat subsidi pada tahun ini.
 
"Sesuai kesepakatan Dewan Syariah, mengingat Pesantren Batukorong belum pernah mendapat subsidi ini," 
 
"Sementara tahun sebelumnya seperti Pesantren Safinatussalamah, Darul Mutaalimin, Darul Mahabbah dan Al-Muhtadin itu sudah pernah,"
 
Sementara untuk pesantren lainnya yang belum tersentuh subsidi ini, maka akan diprogramkan untuk tahun yang akan datang. Setiap tahunnya Baitul Mal Aceh Singkil memprogramkan beasiswa bagi santri di pesantren. (Hab)