Singkil - Sekolah di Kabupaten Aceh Singkil akan memulai kembali belajar tatap muka pada 13 Juli 2020 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Singkil Khalilullah mengatakan, sekolah setara SMP dan SMA sederajat akan memulai belajar tatap muka kembali pada 13 Juli 2020.

"Sementara untuk SD, TK dan PAUD tetap belajar dari rumah," kata Khalil, Rabu (24/6).

Simulasi terlebih dahulu akan dilakukan sebagai percontohan di beberapa sekolah, diantaranya; PAUD Bhayangkara, SD 1 Singkil, SMP 1 Gunung dan SMA 1 Gunung Meriah.

Pemerintah kata Khalil membolehkan sekolah belajar tatap muka di daerah zona hijau, dimana hanya 6 persen Kabupaten/ Kota se-Indonesia yang memenuhi kriteria tersebut, diantaranya Aceh Singkil.

Sesuai dengan SKB 4 menteri, sekolah diwajibkan menerapkan protokol kesehatan, diantaranya pakai masker baik pendidik maupun peserta didik, menjaga jarak, cuci tangan dan penyemprotan disinfektan serta lainnya.

"Makanya sekolah saat ini bolehkan dana BOS digunakan untuk membeli masker, cairan disinfektan, thermogan dan lainnya sesuai juknis,"

Saat ini Dinas Pendidikan sedang menunggu rekomendasi dari gugus tugas covid-19 kabupaten untuk menggelar kegiatan belajar tatap muka.

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid mengatakan akan memberikan rekomendasi terhadap Dinas Pendidikan untuk menyelenggarakan kegiatan belajar tatap muka.

"Kita boleh bersekolah karena kita dalam suasana zona hijau, tapi tetap waspada artinya proses belajar mengajar harus mengikuti protokol kesehatan," ungkap Dulmusrid saat memberikan bantuan masa panik korban kebakaran, Senin (22/6) lalu. (Hab)