Singkil - Empat ekor sapi milik Ruman Berutu warga Desa Siompin Kecamatan Suro diduga dimangsa harimau. BKSDA Aceh Singkil turun tangan untuk melakukan pengusiran.

"Berdasarkan laporan warga yang kehilangan ternak lembu (sapi) diduga dimangsa harimau, pihak BKSDA turun ke lokasi untuk melakukan pengusiran menggunakan mercon," kata Sutikno Kepala Seksi BKSDA Resort 18 Aceh Singkil, Jum'at (19/6).

Menurut Sutikno, di lokasi yang ditelusuri BKSDA Aceh Singkil menemukan tiga bangkai sapi dan seekor masih dalam keadaan setengah hidup, sehingga sempat dipotong oleh warga.

"Ada empat ekor ternak lembu milik Rusman Berutu, ditemukan tiga ekor sudah mati dan seekor sempat dipotong, diperkirakan yang memangsa ternak tersebut seekor harimau," tambahnya.

Sutikno mengungkapkan BKSDA juga berencana akan memasang kamera trap atau kamera pengintai, jika ada kemungkinan harimau tersebut masuk kembali ke kawasan pemukiman warga.

"Sementara terkait pemasangan perangkap belum akan dilakukan mengingat posisi kejadian di sekitar kawasan hutan yang merupakan habitatnya,"

Setelah penemuan ini masyarakat dibuat resah, terlebih dalam dua pekan terakhir sudah dua kali kejadian serupa. Warga diimbau agar lebih waspada mengingat habitat harimau semakin menyempit sehingga merasa terganggu.

"Sementara untuk ternak yang selama ini diikat di kebun sawit dekat kawasan hutan,  agar diikat dekat pemukiman penduduk," pungkas Sutikno. (Hab)