Singkil, Xtrafm Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melakukan pemasangan Satelitnya di Kapupaten Aceh Singkil, tepatnya satelit tersebut di tempatkan di Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Kampung Baru kecamatan Singkil Utara.

 

H. Sabudin. SP Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan kabupaten Aceh Singkil, senin 23/03 kepada sejumlah wartawan di kantornya mengatakan Pemasangan Satelit milik BMKG di Aceh Singkil ini merupakan kerjasama pemerintah daerah melalui dinas yang dipimpinya, dimana dalam kerjasama tersebut pihaknya menyediakan lahan serta kantor operator yang nantinya bertugas mengoperasikan peralatan satelit itu.

“pemasangan satelit ini merupakan kerjasama kita dengan BMKG, dimana kita hanya menyediakan lahan dan satu ruang kantor untuk operator pemantau” terang mantan kepala BPPKP itu.

Peran Satelit yang berfungsi memantau Cuaca ini menurutnya sangat pital sebab selain dapat memberikan peringatan kepada masyarakat tentang kondisi cuaca di laut maupun didarat, dengan adanya satelit ini juga turut membantu mengoptimalkan hasil panen bagi para petani, sebab kondisi cuaca akan dapat digunakan sebagai acuan petani dalam menentukan masa tanam dan mengantisipasi dampak cuaca.

“alat ini sangat pital, petani biasa menggunakan ramalan cuaca untuk menentukan masa tanam atau ramalan cuaca dapat di jadikan acuan dalam mengantisipasi timbulnya dampak cuaca terhadap tanaman” kata H. Sabudin.

Dari pantaun berita Xtra pada senin, sejumlah teknisi sudah memulai melakukan pemasangan satelit yang berlokasi di belakang kantor Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Aceh Singkil. (Shp)