Singkil - Update data Covid-19 Pemkab Aceh Singkil pada Jum'at (8/5) pukul 12.00 Wib, orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) dan pasien positif Corona tercatat nihil.

Sementara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemkab Aceh Singkil mencatat sedikitnya 2467 pelaku perjalanan atau traveler.

"Traveler atau orang yang kembali ke Aceh Singkil memang lonjakannya tidak terlalu signifikan dibandingkan dengan di awal sebelum ramadhan," kata M Ichsan, Sekretaris Tim Gugus Tugas Pemkab di Posko, Jum'at (8/5).

Lonjakan diperkirakan sudah terjadi pada awal memasuki bulan suci ramadhan. Hal itu kata Ichsan dikarenakan jauh-jauh hari anak sekolah sudah libur.

Dari 2467 traveler, lanjut Ichsan sebagian besar sudah menyelesaikan karantina mandiri, dan hingga hari ini tidak ada ditemukan hal yang janggal terkait dengan Covid-19. Sebanyak 246 traveler masih dalam pemantauan satgas Covid.

Melihat kompisisi sebaran warga yang pulang dibandingkan dengan jumlah penduduk, dari data yang di Posko Gugus Tugas beber Ichsan yang paling banyak ada di Pulau Banyak dibandingkan dengan Kecamatan lainnya.

"Kalau melihat data itu memang paling besar potensinya orang baru datang, namun asumsinya tidak semua warga yang pulang ke Pulau itu dari luar, bisa jadi mereka dari Kecamatan Singkil atau Gunung Meriah," pungkas Ichsan. (Hab).