Berita Xtra, Singkil, Keputusan Dinas Pendidikan Aceh Singkil Mempercepat Pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) menuai Protes dari Barisan Guru Bersatu (Kobar GB) Aceh Singkil, Kobar GB menilai keputusan tersebut Merugikan siswa.

 

Protes tersebut disampaikan oleh M. Najur ketua Kobar GB Aceh Singkil pada Berita Xtra pada sabtu (14/03) menyikapi adanya kebijakan percepatan pelaksanaan ujian ahir semester (UAS) SMP dan SMA sederajat di kabupaten ini.

“selain tidak taat pada jadwal yang telah ditetapkan Dinas Pendidikan Aceh, kebijakan mempercepat UAS yang dilakukan oleh Disdik Aceh Singkil itu sangat merugikan para siswa/I didik” kata Najur.

Najur mengatakan sesuai jadwal dari Dinas Pendidikan Aceh harusnya pelaksanaan UAS dilaksanakan 16 sampai 20 untuk SMA sederajat dan 21-25 April 2015 bagi SMP sederajat, namun tanpa alasan yang jelas pelaksanaan UAS di Aceh Singkil dipercepat menjadi 9-13 maret 2015, akibat pelaksanaan UAS yang dilaksanakan diluar jadwal itu siswa dirugikan, sebab target kurikulum tidak tercapai.

‘’ para siswa kehilangan atau dirugikan 51 hari proses belajar mengajar disekolahnya, akibatnya target kurikulum tidak tercapai lantaran materi pembelajaran belum tuntas di ajarkan, apalagi biasanya setelah UAS dilaksanakan Siswa tidak akan lagi belajar” terang Najur.

Untuk itu Najur meminta agar Dinas pendidikan kedepanya lebih cermat lagi dalam mengambil keputusan, sehingga keputusan tersebut tidak merugikan peserta didik. (shp)