Singkil - Semakin mewabahnya penyebaran covid-19 berimbas terhadap minimnya stok darah di rumah sakit umum daerah (RSUD) Aceh Singkil.

Stok darah di RSUD pertanggal 2 April hingga pukul 09.00 Wib tercatat hanya golongan darah A sebanyak 2 kantong, sementara golongan darah O, B dan AB masih kosong.

"Pagi ini cuma ada stok golongan darah A sebanyak 2 kantong, golongan darah yang lain kosong," kata Nisna salah seorang pegawai di UTD RSUD Aceh Singkil saat dikonfirmasi, Kamis (2/4).

Minimnya stok darah sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir. Hal ini menjadi perhatian semua pihak.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Singkil Zainal Kataren, mengatakan pihaknya telah menghimbau kepada satuan kerja perangkat kabupaten (SKPK) untuk melakukan donor darah.

"Tadi sudah mendatangi beberapa SKPK diantaranya Dinas Pariwisata, Perkebunan, Kesehatan dan Dinas Koperasi dan UMKM," kata Kataren saat di posko tim gugus tugas covid-19 Aceh Singkil.

Saat ini berkumpul dilarang oleh Pemerintah. Untuk itu kata Kataren, PMI melakukan jemput bola dengan mendatangi pendonor.

"Dengan mendatangi SKPK, kita anjurkan agar mengutus atau mengirim pegawainya yang hendak mendonorkan darah di RSUD Aceh Singkil dengan mendatangi unit tranfusi darah (UTD),"

Selain mengajak pegawai SKPK, Kataren juga mengajak segenap masyarakat agar kiranya dapat mendonorkan darahnya. (Hab)