Singkil - Pria bule berkewarganegaraan Ceko di laporkan berstatus orang dalam pemantauan (ODP) di Aceh Singkil.

Hal ini diketahui setelah tim gugus tugas penanganan pencegahan Covid-19 melakukan pemeriksaan.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil Erwin SKM mengatakan pria tersebut saat dicek menggunakan thermometer suhunya mencapai 38,4 derajat celcius.

"Bule tersebut berusia sekitar 30 tahun dan saat ini dikarantina di salah satu pulau di Pulau Banyak," kata Erwin saat dikonfirmasi, Senin (23/3).

Masa inkubasi Covid-19 dilakukan selama empat belas hari. Sementara pasien ODP sudah sembilan hari di Indonesia. Tinggal enam hari lagi dikarantina.

Petugas medis dari Puskesmas Pulau Banyak saat ini kata Erwin terus melakukan pemantauan terhadap pasien hingga lima hari kedepan.

"Pasien saat ini kondisi suhu tubuhnya normal," ungkap Erwin.Menurutnya status pasien akan dilakukan pemantauan selama lima hari, terhitung sejak kemarin. "Berarti hari kamis nanti kita cek lagi apabila tetap normal, berarti hari jum'at dicabut status ODP-nya,"

Erwin berharap masyarakat tidak perlu resah akan hal ini namun tetap waspada, karena pihaknya akan terus melakukan pemantauan setiap harinya, terlebih kondisi ODP terus membaik.

Diketahui, bule tersebut baru sembilan hari di Indonesia. Dinyatakan ODP setelah tiba di Pulau Banyak pada 13 Maret. Ia mengaku demam setelah hujan-hujanan sehari sebelumnya. (Hab)