Sejumlah petugas dari Dinas Kesehatan Aceh Singkil melakukan sosialisasi sekaligus mengadakan edukasi terkait bahaya virus Corona di Pasar Rimo, Aceh Singkil, Minggu (22/3).
 
"Tujuannya mengurangi keresahan masyarakat akan virus Corona dan upaya pencegahannya," kata Erwin SKM, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil.
 
Tidak hanya melakukan edukasi, Dinkes juga mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis khususnya mengecek suhu tubuh untuk masyarakat yang hendak berbelanja di depan SPBU Rimo.
 
Pemeriksaan suhu tubuh menggunakan Thermometer Scanner sebagai deteksi dini. Salah satu tandanya orang terjangkit virus Corona diantaranya batuk, flu dan demam.
 
"Suhu tubuh normal 37' celcius, orang yang suhu tubuhnya melebihi normal, disarankan untuk berobat ke fasilitas kesehatan terdekat," kata Dokter Mardiana, salah satu petugas dari Puskesmas Gunung Meriah.
 
Sosialisasi menurut Erwin akan terus dilakukan dilokasi keramaian seperti pasar. Pihaknya juga telah membuka posko kesehatan di perbatasan, yakni di Kecamatan Suro dan Danau Paris serta di pelabuhan penyebrangan.
 
Sementara Lukman, salah seorang warga mengapresiasi langkah sosialisasi yang dilakukan oleh Dinas. "Artinya sebagai upaya pencegahan, meski di Aceh Singkil belum ditemukan kasus,"
 
Lukman berharap tidak hanya sosialisasi saja, tapi agar dibagikan masker gratis kepada masyarakat. "Kalau bisa bagi-bagi masker gratis," harap Lukman.
 
Selain Dinkes, sosialisasi melibatkan BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas UMKM, TNI, Polri dan Satpol PP dan WH.
 
Sebelumnya, Pemda Aceh Singkil telah membentuk tim gugus tugas guna percepatan pencegahan virus Corona yang melibatkan berbagai sektor. Tim pencegahan dikomandoi oleh Dinas Kesehatan. (Hab)