Singkil - Pelaksanaan ujian seleksi kompetensi bidang (SKB) bagi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Aceh Singkil tahun 2019 ditunda. Penundaan dilakukan berdasar atas surat edaran yang dikeluarkan Menpan RB terkait situasi terkini Indonesia menyusul merebaknya Covid-19.
 
Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Singkil Ali Hasmi mengatakan rencana awal ujian SKB digelar pada 25 Maret 2020 mendatang.
 
"Berhubung merebaknya Covid-19, diputuskan SKB ditunda sesuai surat edaran dari Menpan RB sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan," ujar Ali Hasmi di ruang kerjanya, Jum'at (20/3)
 
Sementara pengumuman hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) tetap sesuai jadwal, pada 22 - 23 Maret mendatang melalui portal resmi penerimaan CPNS pada masing-masing Instansi.
 
Sebanyak tiga peserta pada setiap formasi CPNS dengan nilai terbaik yang bakal masuk dalam perengkingan guna mengikuti tahapan selanjutnya yakni SKB.
 
"Yang mengikuti SKB, contoh di formasi dokter yang dibutuhkan 3 orang yang boleh mengikuti SKB 9 orang, apabila yang lulus 10 maka 1 orang tidak dapat ikut SKB,"
 
Tercatat total sebanyak 1604 peserta ikut berkompetisi dalam gelaran CPNS tahun 2019. Sebanyak 339 peserta lolos passing grade, akan memperebutkan 182 formasi.
 
"Artinya belum tentu yang 339 lolos passing grade dapat mengikuti SKB, yang mungkin mengikuti SKB mungkin hanya sekitar 200 an," ungkap Ali Hasmi.
 
Direncanakan pelaksanaan ujian seleksi kompetensi bidang nantinya akan digelar di Aceh Singkil. (Hab)